ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada RSUD dr. Soegiri Lamongan)

Undergraduate Theses from JIPTUMMPP / 2009-07-17 09:42:29
Oleh : Laurisia Indahwati ( 05620182 ), Accounting
Dibuat : 2009-07-17, dengan 4 file

[PDF]

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

skripsi.umm.ac.id/…/jiptummpp-gdl-s1-2009-laurisiain-16503-PEND…

Keyword : kinerja rumah sakit dan balance scorecard

Url : http://

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soegiri Lamongan dengan Judul “Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan Pendekataan Balanced Scorecard”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soegiri Lamongan diukur dengan menggunakan balanced scorecard.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu mengadakan kegiatan pengumpulan dan analisis data dengan tujuan untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi klarifikasi visi, misi dan tujuan ke dalam rencana strategi perusahaan, sedangkan analisis kuantitatif meliputi pengukuran kinerja terhadap masing-masing perspektif, yaitu perspektif keuangan dengan tingkat efektivitas pendapatan dan belanja, perspektif pelanggan dengan kuesioner kepuasan pelanggan (pasien), perspektif proses bisnis internal dengan tingkat efisiensi rumah sakit menurut standar Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan kuesioner kepuasan karyawan.
Hasil analisis pengukuran balanced scorecard pada RSUD dr. Soegiri Lamongan untuk masing-masing perspektif untuk tahun 2008 adalah (1) perspektif keuangan secara keseluruhan menunjukkan hasil yang maksimal, (2) perspektif pelanggan menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan (pasien) cukup tinggi dengan skor jawaban responden berkisar minimal 72 dan maksimal 133 dengan kisaran teoritis 29 – 145. Statistik deskriptif, nilai mean sebesar 108,8791 dengan deviasi standar sebesar 10,77429, (3) perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa kinerja pelayanan terhadap pasien mengalami penurunan didasarkan dari keenam indikator yang menunjukkan peningkatan meski sedikit hanya tiga indikator, yaitu ALOS dengan rata-rata 4,15 hari pasien dirawat, NDR dengan 2,83 % jumlah pasien yang meninggal selama ≥ 48 jam dirawat, dan GDR dengan tingkat penurunan yang positif 0,04 %, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan tingkat kepuasan karyawan dalam kondisi yang tinggi dengan skor jawaban responden berkisar minimal 87 maksimal 158 dengan kisaran teoritis 33 – 165. Statistik deskriptif, nilai mean sebesar 117,4070 dengan deviasi standar sebesar 11,67539. Keseluruhan analisis balanced scorecard secara langsung akan mempengaruhi terwujudnya visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soegiri Lamongan. Pada tahun 2008 menunjukkan semakin terwujudnya visi, misi, dan tujuan rumah sakit dibandingkan tahun 2007, dibuktikan dengan hasil yang cukup maksimal pada semua perspektif.
Kesimpulan hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soegiri Lamongan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard menunjukkan hasil yang baik, meski dari keempat perspektif ada satu perspektif yang menurun yaitu perspektif proses bisnis internal. Hal itu disebabkan karena adanya peningkatan jumlah tempat tidur yang menunjukkan standart peningkatan kelas rumah sakit yaitu dari kelas C menjadi kelas B.

By manyundarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s